Ditulis oleh : Bagas Rais R
09 May – 2024

Mulai “suatu hari nanti” menjadi “hari ini”.

Salah satu buku terbaik seputar manajemen waktu. Banyak tips yang udah saya praktekkin juga, dan dengan izin Allah, lewat perantara buku ini, akhirnya saya meluncurkan eBook pertama saya yang berjudul “Akhirnya selesai juga”.

Penulisnya adalah jake knapp & john zeratsky. Seseorang dibalik Gmail dan youtube. Termasuk jajaran orang penting di zaman era digital. Mungkin semua generasi milenial menggunakan youtube juga gmail. Ini jadi tanda bahwa penulisnya emang berkompeten banget dalam bidang manajemen waktu, karena bisa menghasilkan produk yang bagus banget.

Ada 4 Hal yang dibahas dibuku ini, Higlight – Laser – (energi) dan Renungan. FYI, buku ini udah saya baca 2x, dan sepertinya suatu saat bakalan saya baca-baca lagi.

3 Insight dari buku

1. Awali hari dengan satu titik (sorotan)

Nggak semua tugas harus selesai di hari itu, jadi kita bisa pilih satu sorotan aja setiap harinya. Satu tugas yang esensial, yang bisa ngasih impact jangka panjang. Misalnya jadwalin buat nulis eBook, jadwalin buat hafalan Al-Qur’an, jadwalin buat bikin sistem bisnis, dan yang semisalnya. Kalau ada tugas yang harus ditunda, maka tundalah tugas-tugas yang remeh temeh, supaya kita bisa fokus ke HIGHLIGHT kita hari ini. 

Biasanya, ketika tugas yang bermakna itu kita bisa selesaiin, motivasi kita buat nyelesaiin tugas-tugas lainnya akan lebih tinggi. Sepengalaman saya setelah praktekkin ini, emang bener begitu. Tugas penting dan bermakna menurut Jake Knapp dan John Zeratsky mencakup tiga kriteria

  • Urgensi. Apa yang paling urgen/mendesak yang harus aku lakuin hari ini?
  • Kepuasan. Tugas mana yang kalau diselesaiin, kita ngerasa puas banget
  • Sukacita. Ketika aku merenungkan hari ini, apa yang akan paling mendatangkan sukacita?

Kamu hanya menyia-nyiakan waktu jika tak menyadari caramu menggunakan waktu. (Hal-49)

2. Use your body to energize

Ini insight yang menarik banget buat saya. Betapa sering kita kehabisan energi semisal di siang hari, padahal sebenernya otak lagi di performa maksimum? Manajemen energi itu penting untuk menunjang produktifitas.

Ada 2 cara yang saya pilih di antara banyaknya tips di buku Make Time ini. Bahkan sampai sekarang masih saya gunain buat menunjang produktivitas. 

  1. Olahraga pagi 20 menit, jogging sekitar rumah. Bener-bener bikin seger dan bikin nggak lemes bahkan sampai seharian.
  2. Kopi sekitar jam 9/10 pagi atau 1 atau 2 siang. Sebelum tau ini, saya asal aja kalau ngopi, bahkan sore atau malem juga ngopi. Ternyata saya salah. Jam ngopi yang tepat, bikin lebih fokus sampe sore hari, malemnya tetep bisa istirahat nyaman karena enggak keganggu sama efek kafein.

Jika kamu menunggu mengantuk dulu baru menimumnya, itu sudah terkambat. (Hal-253)

 

3. Temukan pivotmu sendiri

Ketika kita bisa meluangkan waktu dan fokus mengerjakan hal-hal penting, maka bisa jadi kita akan berubah arah. Saya awalnya fokus bikin desain, dan sekarang akhirnya melakukan pivot menjadi konten kreator, juga sudah menuliskan 8 eBook dan 1 buku yang udah tersedia di Gramedia, judulnya Re-Make, Saatnya Menata Ulang Diri. Tentu semua atas pertolongan dari Allah, tiitk nggak ada koma. Tapi bener kata Jake Knapp yang diutarakan di buku Make Time ini, kalau kita bisa meluangkan waktu untuk hal-hal penting, kita akan menemukan waktu pivot kita sendiri. Kalimat yang masih terngiang sampe sekarang.

 

Komunikasi lewat layar sangat mudah, sehingga sering menggantikan perbincangan kehidupan nyata yang bernilai lebih tinggi. (Hal-276)

 

Buku ini udah sering saya sebutin, entah di Podcast Muslim Level Up (cek di Spotify), atau di konten instagram saya, dan diperbincangan sehari-hari. Highly Recommended. Jake Knapp dan John Zeratsky berhasil membuat saya sebagai pembaca seakan lagi duduk bareng dan ngobrol sama mereka berdua. Buku ini juga dilengkapi illustrasi yang menambah kesan SANTAI. 

Seinget saya, enggak ada penyimpangan dalam ranah Aqidah insyaAllah. Pembahasannya kebanyakan soal trik dan tips lebih produktif aja. Tapi ada beberapa kalimat yang diambil dari injil dan filsuf seinget saya. InsyaAllah masih aman.

Spesifikasi:

  • Buku ukuran B6
  • Penulis : Jake Knapp dan John Zeratsky
  • 320 Halaman
  • Dilengkapi illustrasi